Ad Code

Responsive Advertisement

Pembelahan Sel


Assalamualaikum, apa kabar anak-anakku siswa kelas IX di manapun kalian berada. Semoga kalian semua sehat dan tetap bersabar belajar jarak jauh.
Materi pertama yang akan kalian pelajari dalam semester pertama di kelas IX adalah tentang Sistem Reproduksi Manusia yang berada di Bab 1. Perhatikan infografis berikut.

Sistem Reproduksi pada Manusia
                                                                Sumber: Pribadi


Materi kali ini yang akan kita pelajari adalah pembelahan sel. Apa dan bagaimanakah pembelahan sel tersebut? Lanjutkan membacanya ya.

Mengenal  Pembelahan  Sel


Di kelas VII, kalian sudah mempelajari bahwa hierarki organisasi kehidupan hingga terbentuk suatu individu dimulai dari sel kemudian jaringan, organ, sistem organ hingga menjadi organisme atau individu.

Masya Allah, luar biasa Allah Ta’ala menciptakan manusia dan seluruh makhluk hidup di alam ini yang diciptakan dari satu sel yang ukuran sangat kecil yang terus berkembang hingga menjadi 200 trilwun saat kita telah dewasa.

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar-Rahman).
 
Kita wajib meyakini betapa Maha Kuasa Allah yang menciptakan manusia dan seluruh alamnya. Kitapun wajib mengagumi kekuasaan-Nya dengan terus mempelajari ciptaan-Nya sehingga iman dan keyakinan kita terus bertambah.

Pernahkah kalian memikirkan, darimana asalmu?  Bagaimana ibumu melahirkanmu?
Apakah ibu kita dapat mengandung tanpa kehadiran seorang ayah?
Tentu saja, jawabannya TIDAK.

Tidak akan mungkin lahir seorang manusia tanpa adanya perkawinan antara seorang laki - laki dengan seorang perempuan. Agar seorang anak lahir dalam keadaan suci, murni dan sah,  maka kedua orang tuanya haruslah menikah terlebih dahulu secara sah dan sesuai aturan agama masing-masing juga sesuai aturan negara.

Selain itu, ayah dan ibu dapat mempunyai keturunan karena keduanya memiliki sistem reproduksi di mana sistem reproduksi terdiri dari organ reproduksi yang berbeda bentuk dan fungsi antara ayah (laki-laki) dengan ibu (perempuan).

Sebelum kita membahas lebih jauh, marilah mengenali terlebih dahulu tentang pembelahan sel di mana sebelumnya telah dijelaskan bahwa manusia pada awalnya berasal dari satu sel, kemudian sel itu mengalami pembelahan sehingga jumlahnya bertambah terus seiring dengan pertambahan usia kita.
Apakah yang dimaksud dengan pembelahan sel? Simak terus ya.

Pembelahan Sel


Pembelahan Sel adalah proses terbentuknya sel baru dari satu sel induk menjadi dua atau lebih.  Terdapat tiga manfaat pembelahan sel, yakni:

Pembelahan Sel yang Berkaitan dengan Pertumbuhan

Makhluk hidup dapat tumbuh karena sel-selnya bertambah banyak. Semakin banyak selnya maka semakin besarlah ukuran suatu makhluk hidup.


Pembelahan Sel yang Berkaitan dengan Perbaikan


Pernahkah bagian tubuh kalian terluka? Bagaimana bentuk bagian tubuhmu yang terluka itu setelah sembuh? Nah, saat terluka bagian tubuh itu sebenarnya sedang mengalami kerusakan jaringan. Karena sel berfungsi memperbaiki, maka sel-sel pada bagian yang luka itu membelah dan mengganti bagian sel yang rusak akibat luka sehingga bagian yang luka itu menutup kembali.

Pembelahan Sel yang Berkaitan dengan Reproduksi


Salah satu ciri makhluk hidup adalah reproduksi atau mengalami perkembangbiakan. Proses perkembangbiakan seksual, diperlukan dua macam sel yang berasal dari kedua induknya, yang disebut sel kelamin di mana sel kelamin ini akan membentuk individu baru atau anakan. Nah, proses pembentukan sel kelamin dilakukan dengan pembelahan sel.

Terdapat dua cara pembelahan sel, yaitu pembelahan langsung dan pembelahan tidak langsung. Pembelahan langsung biasa juga disebut pembelahan biner, biasanya dialami oleh amuba, prozoa, dan makhluk-makhluk mikroorganisme lainnya. Proses pembelahan ini tidak melalui tahapan-tahapan.

Sedangkan pembelahan sel secara tidak langsung mengalami tahapan. Pembelahan sel ini dibedakan atas pembelahan mitosis dan meiosis.

Pembelahan Sel Mitosis


Pembelahan sel mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan. Kedua sel anakan yang terbentuk mempunyai susunan genetika yang sama, baik dalam jumlah kromosom maupun susunan genetiknya. Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n disebut juga diploid.

Mitosis terjadi pada kebanyakan sel tubuh yang menyebabkan tubuh semakin besar
Pembelahan sel mitosis terdiri atas empat fase yang berbeda ciri-cirinya dari setiap fase. Empat fase pembelahan mitosis itu adalah profase, metafase, anafase, dan telofase. 
Perhatikan gambar berikut.

Mitosis
        Sumber foto pribadi yang diambil dari buku Ensiklopedi Sains & Kehidupan


Pembelahan Mitosis
Sumber gambar: Cambell dkk, 2008


Pembelahan Sel Meiosis


Suatu proses reproduksi sel (perkembangbiakan sel) yang sel keturunanya mewarisi separuh jumlah kromosom induknya sehingga disebut dengan haploid dan disebut n.

Peristiwa meiosis terjadi pada gametogenesis, seperti pembentukan sperma oleh jaringan testes dan pembentukan ovum oleh jaringan ovarium. Tujuannya agar keturunan organisme yang dihasilkan melalui perkembangbiakan kawin akan tetap menghasilkan keturunan yang bersifat diploid atau 2n kromosom. Perhatikan gambar berikut.

Pembelahan Meiosis
Sumber foto pribadi yang diambil dari buku Ensiklopedi Sains & Kehidupan

Pembelahan Meiosis
Sumber foto pribadi yang diambil dari buku Ensiklopedi Sains & Kehidupan


Semoga penjelasan ini bermanfaat dan masih bersemangat  belajar sekalipun belajarnya di rumah saja.
Apa yang anak-anakku ketahui tentang virus corona? 

Bacalah soal Fakta dan Mitos tentang Virus Corona di sini

Selamat belajar semoga kalian sukses. Amin


Posting Komentar

6 Komentar

  1. Bunda komplit sekali penjelasan tentang pembelahan sel ini, ada contoh disertakan pula, anak-anak pasti lebih mudah memahaminya. Dari artikel ini pula saya jadi diingatkan, manusia pada awalnya berasal dari satu sel, kemudian sel itu mengalami pembelahan sehingga jumlahnya bertambah terus seiring dengan pertambahan usia kita. Terima kasih Bunda, ini tentu bermanfaat bagi siswa yang sedang mendapat materi ini, dan bagi semua.
    Apakah yang dimaksud dengan pembelahan sel? Simak terus ya.

    BalasHapus
  2. Masyaallah, berasa ku kembali ke masa-masa sekolah hehe. Udah lupa bingits wkwk. Makasih bun penjeleasannya ttg pembelahan sel, jadi ingat nih.

    BalasHapus
  3. Materi pembelajaran. Berasa diingatkan di jaman sekolah dulu. Sekarang mah lebih mudah.

    Materi pembelahan sel ini rasanya lebih mudah dipahami. Semoga semua siswa yang membacanya juga lebih mudah memahami.

    BalasHapus
  4. Bunda Dawiah mengampu pelajaran Biologi kah?
    Duluuu mapel ini termasuk favorit saya. Senang aja gitu bisa belajar tentang sistim biologis manusia dan makhluk hidup. Seperti bab pembelahan sel ini. Selain bisa dikupas secara ilmiah, jadi semakin meyakini kebesaran Allah, ya.

    BalasHapus
  5. Masya Allah.... makin takjub pada kebesaran-Nya ya kalo kita mengawali belajar sesuatu dengan ayat-Nya. Alam semesta terhampar ini adalah bukti kebenaran- Nya.

    BalasHapus
  6. Wah artikelnya bermanfaat banget nih bun buat yang punya anak kelas IX jadi makin paham tentang materi pembelahan sel ya... Bisa banget dipakai untuk belajar di rumah. Thanks Bunda guru yang cantik :)

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement