Ad Code

Responsive Advertisement

Yuk, Kenali Pohon Buah Perindang



Masih ingatkah kamu dengan kenangan waktu kecil, memanjat-manjat pohon yang ada di halaman rumah, atau pohon milik tetangga. Sambil duduk manis di atas dahan lalu memetik buahnya untuk dimakan. Yah, pohon itu bisa bermacam-macam jenisnya, misalnya pohon mangga, pohon jambu, lengkeng, dan sebagainya.

Oh yah, pohon-pohon tersebut bisa pula dinamakan pohon buah perindang atau peneduh. Mengapa disebut demikian? Karena selain buahnya dikonsumsi, pohon perindang juga memberikan kesejukan, keteduhan sekaligus untuk menjaga keseimbangan lingkungan. 


Dua di antara pohon buah  perindang yang masih tumbuh subur di Indonesia adalah pohon sawo dan pohon belimbing, kedua jenis pohon ini selain daunnya yang rimbun sehingga sangat baik ditanam di halaman rumah, juga menghasilkan buah yang kaya dengan manfaat.


Pohon Sawo




Nama latinnya adalah Achras sapota. Rasa manis pada sawo disebabkan kandungan gula dalam daging buahnya dengan kadar 16-20 persen. Selain kandungan gula, daging buah juga mengandung serat yang tinggi olehnya itu, buah ini bermanfaat dalam mencegh sembelit. Dengan kandungan taninnya yang cukup tinggi, antioksidan maka sawo sangat baik untuk Emak yang mengalami wasir.

Sawo juga berkhasiat  mencegah infeksi, radang mulut karena karena mengandung vitamin C dan A.  Nah, Jika kita rajin mengonsumsi sawo, maka vitamin A pada sawo berkhasiat  membantu kita menjaga kesehatan kulit, agar kulit tetap bersih dan sehat.


Pohon Lengkeng




 Nama latinnya adalah Dimocarpus longan dari suku Sapindaceae, di beberapa daerah di Indonesia menyebutnya buak kelengkeng. Berdasarkan wikipedia.org, tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. 

Bentuk buahnya serupa dengan buah leci, namun kulit dan teksturnya sangat berbeda dengan buah leci, demikian pula manfaatnya. Buah lengkeng paling enak dikonsumsi dalam keadaan segar. Bahkan di negara Thailand, Taiwan dan Tiongkok, buah ini dijadikan sari buah lalu dikemas dalam kaleng. 

Sekalipun bentuk, rasa dan ukurannya mirip dengan buah leci, namun warna dan tekstur kulitnya sangat berbeda, demikian pula manfaatnya. Buah lengkeng kaya dengan vitamin C.  Selain itu, buah ini juga mengandung ribolflavin sehingga berkhasiat dalam mencegah penyakit mata katarak. 

Kamu yang sedang diet? 

Jangan khawatir, dengan mengonsumsi buah lengkeng maka program diet kamu dapat berjalan lancar, hal ini disebabkan oleh kandungan lemak dan proteinnya relatif rendah sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan energi karena buah lengkeng ini banyak mengandung karbohidrat.

Mari memanfaatkan halaman rumah dengan menanam pohon perindang sawo atau lengkeng, karena selain mendapatkan manfaat berupa kandungan gizi, vitamin dan mineral dari kedua jenis tanaman ini, dapat pula difungsikan sebagai  pohon pelindung, melindungi kita dan keluarga dari sinar matahari yang menyengat.

Posting Komentar

1 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement